RAMUAN HERBAL KESEMUTAN ATAU KEBAS PADA KAKI DAN TANGAN


 Seperti halnya penyakit lainnya kesemutan pada tangan dan kaki ini menimbulkan ketidaknyamanan terutama bagi mereka yang aktif, bisa bisa akan mengganggu pekerjaannya. Maka tak heran, bagi siapa saja yang mengalaminya pasti penasaran sebenarnya apa penyebab tangan kesemutan yang sedang ia alami, apakah sesuatu yang berbahaya dan bagaimana cara mengatasi atau mengobatinya agar kesemutan dapat berkurang bahkan sembuh dengan tuntas. Sebelum kita membahas ke pengobatan, mari kita jelaskan dulu apa itu kesemutan atau kebas pada kaki dan tangan.

RAMUAN HERBAL KESEMUTAN ATAU KEBAS PADA KAKI DAN TANGAN


Apa itu kesemutan ?
Kesemutan atau kebas atau istilah medis-nya parestesia adalah suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsangan listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh karena bermacam-macam sebab, salah satu contohnya adalah tertutupnya peredaran darah karena ada bagian tubuh ditekuk atau terlipat pada waktu yang lama, jadi darah yang mengalir ke bagian tubuh itu tidak lancar.
Kesemutan yang tidak disertai gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor di kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi. Namun kita harus lebih waspada kalau ada gejala lain di luar kesemutan. Bukan hanya kelumpuhan, kesemutan bisa juga disertai gangguan penglihatan, pendengaran, gabungan keduanya, atau lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan dan memastikan kondisi badan dalam keadaan prima, jika terjadi keluhan yang berlanjut, seperti kesemutan yang tidak kunjung sembuh misalnya, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab kesemutan pada kaki dan tangan

  • Gangguan pada saraf daerah leher
  • Gangguan pada saraf daerah dada
  • Neuropati diabetes ( gangguan saraf karena diabetes )
  • Defisiensi vitamin b6 atau vitamin B12.
  • Penyakit pembuluh darah perifer
  • Intoksikasi alokol
  • Tumor


Tanda dan gejala kesemutan pada kaki dan tangan

  • Bagian jari tangan ( ibu jari, jari tengah, kelingking, jari manis, telunjuk atau ujung jari ), telapk tangan, kaki, tangan atau pergelangan tangan terasa sakit seperti di tusuk jarum, atau keram seperti mati rasa.
  • Rasa sakit dan nyeri bisa aja menjalar kel lengan bawah atau lengan atas dan bahu
  • Nyeri pada saat menggerakan jari
  • Jika kondisinya parah, tangan dan kaki bisa terasa kaku, lemah ( dan mungkin disertai bengkak karena penumpukan cairan), dan merasa kesulitan untuk menggerakan tangan dan kaki. 

Apabila anda mempunyai tanda dan gejala penyakit kebas kesemutan pada kaki dan tangan di atas, sebaiknya anda segera untuk mengobatinya sebelum kesemutan anda akan semakin parah.

Ramuan herbal obat kesemutan

Resep 1
  1. 15-30 g daun dewa segar
  2. 30 g jahe merah
  3. 25 g temu hitam
  4. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring. Minum 2 kali sehari.

Resep 2
  1. 2 buah mengkudu
  2. 30 g biji bunga matahari
  3. 15 g umbi daun dewa
  4. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.Minum 2 kali sehari dan makan biji bunga mataharinya.

Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar